Tuesday, October 16, 2012

Es Kado untuk Israel part II

Tags


                Masih di Tel Aviv. Sedang menonton pertandingan Maccabi Tel Aviv Vs Chelsea di Liga Champiion. Bersama para petinggi Israel. Dan pengembangan pemukiman Israel Agung Sedayu Grup. Pertandingan yang sangat seru bagi saya. Sangat menyenangkan. Melihat wajah-wajah petinggi Israel yang masam saat Chelsea membantai Tel Aviv 0-6.
                Di sela-sela pertandingan. Para petinggi berkoar-koar ingin menguasai dunia. Ingin menjadikan dunia ini milik Israel. Katanya mereka sudah berhasil di Amerika. Dan Negara-negara lain akan menyusul.dengan menguras hasil alam afrika mereka akan bisa menguasai segalanya. Kata Benjamin Neta Yahuu.
                Agen Carter hampir lupa memperkenalkanku. Aku bersalaman dengan mereka. Dengan sarung tangan. Mereka bilang ini penghinaan. Aku bilang aku kena alergi. Mereka sekarang malah ada yang tidak mahu salaman. Katanya takut tertular. Bagiku itu lebih baik.

                Aku katanya cocok menjalankan misi di Gaza. Di rumah sakit Indonesia di sana. Rumah sakit bulan sab it merah. Sungguh menyenangkan kataku. “kau harus meracuni semua obat, buat semua warga palestina yang luka mati seketika” 

Balah Pantoen

Tags


rumoh sikua rata lampoh ue..
berdinding batu jendela kaca.
mudi-muda jinoe cukop that ayeu..
kameukeu-keu di maen cinta.

yoh masa jameun moden lam pageu.
bek na soe teupeu bak geuduk dua.
tp jinoe kamaen keu-keu.
hana lee peu-peu ngon ayah ngon ma..
Fauzul Ihsan tajak bak mipa leu that maob
Tajak bak syariah leu ulama
Kah hai doen bek kakheun keu gob
malam barosa dilikot honda soe kaba?
rumoh saket jipeuget le jerman
atra bantuan yoh tsunami teuka
nyoe mmg kah doen na jiwa preman
ka tampa singoe keudeh awak nyan,,!

he,,, he,,,
rupaa jih qe jeut cit bacut,,!
Mardinur Rusli Di pasi rawa meuruwa ta drob
bak ule ta tob nyang rijang teuka
Gata hai syara bek neukalon gob
nyan mandum leuhob asoe neuraka

pojol:
On sireen meugulong-gulong
On keurusong meuputa-puta
Meunyoe adek kah galak keu loen
Tapreh lon na keureuja

rahmad:

Aneuk tiong di cong bak kirong
Ticem beuraghoe jeut peugah haba
Ulon jioh hi preman
lon cuma carong bak peugah haba

maknu: 
Ie krueng blang kulam rhet cukop manyang
Urueng jak keunan dum jak meu tamasya
Alah hi bek dosa lon jak pinang
Tapi meuh si manyam hana beulanja.

Mardinur Rusli di geumpang belanda pula reutek
pula si neuk neuk nyak meurata
nyou model kah don ajak lam abeuk
bek ku sipreuk ngen ek baja

Munawir Shiddiq Hahaha...ka habeh carong mandum lagoe..nyoe payah pike cit saboh..

Munawir Shiddiq Loen jak sikula bak SD no.8..
Loen jak keunan jak meureno baca tulis..
Ngon gob laen jeut kapeugah tan..
Tapi loen buklam deuh kah ngon si dara bak pak ulis..

Mardinur Rusli huahahahahahhaahaha :D
lucu tat wir....

Rahmad Mursal lon bisa ku maklumi wir,,
karna tanyoe saban2 peumula,,,!


Munawir Shiddiq Loen me catok sudok dengon lham...loen me nyan untk jak mita meuh...kah maknu bek kjak u pak ulis malam2...sayag si dara dinging kah hana deuh..

Piss nu..hehe..

Mardinur Rusli apam kah wir...
wkwkkwkwkwkwk

Irfandi Djailani hahahaha...
Bereh that awakdron...salut...salut...neu peuget saboh grup hai, asoe jih tentang nyoe...cukop mangat bak ta baca..

Munawir Shiddiq Hahaha...mardi..nyoe ulee teungoh dicah..ayo dibalah2.. :-D

jak ta ek gle pula seulaman
seulaman rayeuk sibue beusaba
nyoe mmg maknu han deuh ate malam
tp karna nyan luna maya that suka...

.

Mardinur Rusli tak maen u tanoh mierah
takalon sidara tijoh ie babah
ie kah nawir bek sampoe reubah
euk muntah darah wate jih nikah
meunyou hana nyambung cok keukah............!!!!!!!!!!!

Munawir Shiddiq Hahaha..boleh..3x..mad..

Mardinur Rusli aleuh siploh na siblah..
puna BALAH...????
wkwkwkkwkwkwk

Munawir Shiddiq Wkakaka...mardi..yayaya..kejam that blasan jih...haha..

Munawir Shiddiq Kapreh beh..

Hasrul Abd Muthallib jameu ka ahke,
halia ka jehe..
hana neu boeh pike..
aneuk miet akai dom jahe..
hana male lee...

Rahmad Mursal bek trep wir,,,
si mak nu ji jungkat keung jimeupanton keukah,,!
18 hours ago · Like

Loen coek baje ngon sileuweu beukah..
Loen jok keu si ma2h supaya dicob..
Mukakah ngon aril emag siblah duablah..
Tpi sayag,dek sarah tetap dicok le gob..


Mardinur Rusli oman.... ka sep dile wir, kujak pajoh bu siat..
entek ta mulai lom

Harus Wisuda Semester Ini kapalis...le that lagoe ka? tenang..aci lon lop kitab dilei

Munawir Shiddiq Loen jak u ladang wate beungoh..keumeung loen meu u ngon kebeu buta...keu inog laen jeut ka meusenoh2...tpi yg pakek baje ijo kaawai loen tanda...

Hasrul Abd Muthallib hahahaha..
wir,,simak nu ngoen sidoen wah lop kitab pantoen dilee..
ka abeh akai awknyan...
maknu beulee kapajoeh,.
sayang sidoen teungoeh putoeh..

maknu

bak bak bangka na darut canggang
bak geureubak cindoi meukemat cicak
meuyo lon hanapeu kajak tantang
bak igoe ngon bak idong laju kusipak..

polo:

di meulaboeh le ungkot masen
di tringgadeng na didier drogba
yang bak pak ulis ka gop gandeng
lon cuma preh kesempatan ke dua

rahmat:
“Ie Kreung Woyla ceukoe likat,
Engkōt jilumpat jisangka ie tuba,
pajan tamita ungkot lom? haha

ahek :

peu kreh kroh di miyub bak tubei
beurijuk balei jimaen pet2..
reutak2 kah galak keu kei
kajak pap asei lam uroe tarek

Harus Wisuda Semester Ini pandi: buatin bentar

Hasrul Abd Muthallib Ate lon luka, ie mata lon ile..
hana abeh pike kekejaman lagee nyoe..
sidoen get akai muah paloe...

Harus Wisuda Semester Ini Peu meugrak-grak lam bak teubee 
Aneuk ceurepee ateuh bak langsat 
Jamee ban teuka pareksa dilee 
Bekroh ji tipe oh lheueh duk pakat

Hahaha..oke don,hayeu3x..

/tacok jeu ta tik lam krung...bek tuo neurung wate kenog egkot...sidroe inog nyan bah keuh diplung...ganteg lage kah pasti le inog yg meusagkot..

/loen mita buloeh u tanoh anoe...buloeh loen mita untk peuget geulayang...panton2 nyoe loen pada oh no..seubab loen kemeg tlpon sidara loen sayag..

Wassalam..

Bek tasngka nyang nyoe rakan..
nyang jak sajan watee kaya..
tetapi nyang nyoe rakan..
yang jak sajan watee fafa..
keunoe kajak hai doen..
tapjoeh bu saboeh beungkoeh dua..
17 hours ago · Like

burung irian burung cendrawasih
cukup sekian terimakasih

pat kah hek?

kalau ada sumur di ladang..boleh kita menumpang mandi

kalau ada umur panjang...gali aja sumur sendiri

Hasrul Abd Muthallib kajak laju ujaln pati..
gata piyoeh bak n0 18..
disinan uloen tuan preh..
tajeb kupi di taufik syiah kuala..
kiban napakat???

Harus Wisuda Semester Ini pakat..tapi watei lon woe bak warnet...ku sms enteuk


Mahijir Muhammad YAYAYAYYA

polo :
seulawah agam di aceh raya
cidah lagoina me blet2 mata
alahaigam bagah wisuda
jeh aneuk dara han euk disaba..
hahahahaha :D

Munawir Shiddiq Hahahaha..

Mardinur Rusli wir ka peuget status laen.. nyou panyang tat ka...

Munawir Shiddiq Hahaha..kayu bak si don ju,loen ka hana mood.. :-D

selawah dara karap beureutoh
selawah agam biasa saja
mandum cewek payah peuputoh
demi mengejar gelar sarjana

hahhaha

oke..tapeugot status laen

Sebagai peunutop loen jok saboh panton teuk,tpi seugolom jih loen lake me'ah bak pak MAHIJIR,meuse na kata yg kureung brkenan,itu derita Anda..

Manok agam taheu teuglong..manok inog sibok mita glang..mahijir nyan pasti hana pah wate didong..meuse hana neupateh ujo neunging pasti hana seimbang..

Sekian..


Archive for Kata-kata Aneh
December 20, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Everytime I close my eyes
I imagine that I’m alone at a wide desert
What can I do to fade my thirsty
Whereas there is no oase near me
Everytime I close my eyes
I imagine that I have short time in my life
What can I do to make my life worthy every second
Whereas I can’t do anything again..
Everytime I close my eyes
I imagine that I get my big dream that I’m waiting for
What can I do to make me cry
Whereas I don’t feel sadness at the time
Everytime I close my eyes
I imagine that I feel very desperate
What can I do to make me raise up
Whereas I don’t have any power
Everytime I close my eyes
I imagine that I lose my beloved people
What can I do to get their hand and want to rely on them
Whereas I need their support and erase my tears
December 5, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Aku suka lautan
Pandanganku bisa lepas tanpa batas
Birunya menentramkan hati
Angin yang dibawanya seperti lagu indah
Memanjakan telingaku
Dan meniup lembut wajahku
Seperti belaian lembut seorang yang menyayangiku
Melihat ombak bekejar-kejaran yang tak ada habisnya
Dengan daya penuh dan pecah di bibir pantai
Dan kembali lagi ke lautan
Akhirnya akupun bertanya
Kapan ya aku bisa ke lautan???
*puisi yang aneh seaneh orangnya hahahahaha*
December 5, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Aku bisa menggambarmu begitu indah dalam imajinasiku
Kau tampak begitu berarti di mataku
Tanpa kuberikan seorang pembanding di sebelahmu
Biarkan aku menceritakan ceritamu apa adanya
Seindah yang sebenarnya
Biarkan senandungku hanya lagu tentangmu
Hanya tentangmu
Entah itu lebihmu
Entah itu kurangmu
November 24, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Hadirmu tepat
Meski awalnya terlalu cepat

Ketidakhadiranmu pun tepat
Saat aku tak siap menerima

Perlindunganmu tepat
Saat banyak yang melukai diriku
Bahkan jika salah satu peluka itu
Adalah diriku sendiri

Kamu tepat berikan merahnya
Saat aku melukis sekuntum mawar merah
Dan yang aku punya hanya hijau

Dan kamu akan selalu menjadi tepat
Meskipun dunia ini tak ada yang tepat
Karena aku punya salah satu yang tepat
Kaulah yang tepat
Menemani aku yang selalu dikejar ketidaktepatan
November 24, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Biarlah aku bersembunyi
Jika itu mampu membentuk bibirku ini menjadi sebuah senyuman
Dan menciptakan secuil kebahagiaan
Merasakan itu semua nyata adanya
Dan biarkan syaraf-syaraf tubuhku
Mengantarkan secuil rasa itu
Hingga otakku bisa memberi tahuku
Bahwa aku masih bisa merasa secuil rasa itu

Tanpa dilarang oleh siapapun
Oleh bintang manapun
Aku akan selalu bersembunyi
Persembunyian yang apik
Hanya tersekat oleh batas tipis
November 22, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Titik-titik embun pagi membasahi dedaunan
Semilir angin pagi menyambut datangnya fajar
Warna langit gelap berubah menjadi biru kembali
Dan sinar mentari pun menyapa bumi dengan hangatnya
Kicau-kicauan burung ikut menyemarakkan pagi..
Semua lukisan keindahan alam menampakkan warna-warninya..

Alam pun mampu menorehkan semangatnya
Untuk menyambut hari yang baru..
Mengukir sejuta harapan untuk lebih berarti..
Ikut menjadi bagian dari kisah di seluruh penjuru bumi..
Dan mengabadikannya…
October 23, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
24 jam sehari aku selalu bersamanya
Dia yang selalu bisa merasakan apa yg aku rasakan
Entah sedih, bahagia, sakit, tertawa, kecewa….
Sampai ke sebuah akar dari rasa yg aku alami..
Dia mengetahuinya…
Dia memahaminya…
Dia selalu aku ajak mengejar impianku
Dia selalu aku paksa berlari dan dia selalu mau..
Aku jarang menghiraukan tegurannya..
Untuk membuatku berhenti sebentar..
Meski hanya sekedar menarik nafas panjang…
Dia selalu harus mau menuruti apa kataku..
Apa yang aku mau..
Tanpa pedulikan apa maunya…
Tapi ada suatu masa..
Dimana aku ingin berhenti sejenak untuk berlari bersamanya..
Dan mencoba mendengar kata2nya…
Aku memanjakannya, 7 hari..
Aku memanjakannya dengan merogoh kocek tabunganku..
Mahal juga untuk memanjakannya..
Sepertinya dia senang sekali saat itu..
Sampai2 dia nggak menyampaikan teguran untukku..
Kecuali rasa bahagianya ke aku..
Karena aku telah menjaganya..
Tapi..
Akhirnya aku melupakannya lagi..
Aku masih terus mengajaknya berlari…dan berlari..
Hingga aku tersadar dia memberiku teguran..
Yang membuatku berpikir sejenak..
Hanya sejenak..
Karena suatu saat nanti…
Aku akan berhenti berlari dengannya…
Dan..
Aku yang akan ikuti apa maunya…
Dia adalah tubuh kecilku….
September 8, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Alu
Aku kira Arithmetic And Logic Unit
Ternyata say hello
Ribet…
Muter2 seperti flowchart saja…
Lewat…
Permisi Superman lewat dulu…
Bulan sabit tersenyum…
Tapi aku nggak menggubrisnya…

Film “Notting Hill”…
Yang sampai sekarang belum pernah aku tonton sampai selesai
Karena memang filmnya membosankan…
Film “City of Angel”
Yang selalu diperdebatkan…
Malaikat bodoh yg mau saja jadi manusia…
Film “Superman Return”
Akhirnya aku tonton juga..
Kalimat terakhirnya  “I’m always around…”
August 18, 2009 · Filed under Kata-kata Aneh
Salahku…
Salahku…
Salahku…
Salahku…
Salahku…
Memang salahku…
Kalo salah itu sudah terukir dan membekas…
Sulit untuk dihapus….
Sulit untuk dilupakan…
Andai bisa kujatuhkan diriku dari atap rumahku (kurang tinggi hahaha)..
Maybe bisa aku amnesia…biar salah itu hilang..tanpa bekas…




Aku menyimpan sesuatu di dalam diriku..
Ku simpan dalam-dalam dan rapat-rapat…
Belum tau gimana menjinakkannya..
Mau tanya siapa kalo hanya aku yang bisa menjinakkannya…
Memang salahku yang merakit “bom” itu..
Biar aku ledakkan suatu hari nanti…
Entah berapa tahun lagi…
Dan hanya aku yang tersakiti..
Bukan orang lain..

Krupuk Mulieng dan Pidie

Tags

Orang Pidie tidak bisa di pisahkan dari Bak Mulieng. Siapa bilang tidak bisa?! Angkut semua orang Pidie ke Gurun Sahara, habis Perkara! Kalau ini tulisan ilmiah mungkin judulnya akan begini “Kajian tentang Bak Mulieng dan hubunganya dengan orang Pidie.” Kita mulai tulisan sangat tidak ilmiah ini dari pendahuluan, kata pengantar, mengapa memilih judul ini dan daftar isi.

Sebagai mana kita ketahui, bahwa orang Pidie terkenal dengan kerupuk muliengnya. selain pelitnya dan mahalnya mahar. Tidak lengkap kalau orang Pidie tanpa keurupuk mulieng. Di setiap rumah di Pidie rata-rata ada pohon meninjau (bak Mulieng) setiap anak laki-laki di Pidie yang lahir tahun sbelum masehi sampai 80an, bisa memanjat pohon mulieng, sekarang? Sudah gengsi anak-anak dekat kota manjat pohon mulieng. Tinggal anak-anak desa saja yang bisa.

                Di desa-desa seputaran Beureunuen, di setiap rumah ada palei peh kerupuk dan bak peh kerupuk yang besar. Bak peh kerupuk memang bak (Sepohon kayu, akarnya saja, di sinso dan di nyeh (ketam) dengan licin dan dip eh kerupuk di atas itu) yang Pidie pasti mengerti, yang luar akan saya jelaskan lagi nanti di bab berikutnya.

                Baiklah bab satu, saya tulis BAB I terlalu kasar dan haram untuk di makan. Bab ini meliputi  Pengenalan tentang mulieng. Pengenalan, PDKT dan mintak nomer hape. Bak nya dulu, bak itu bahasa Aceh dari pohon. Kecuali kata bak budik dan bak mandi. bak budik saya belum menemukan itu jenis pohon apa. Sedangkan Bak mulieng yang kita teliti kalai ini itu warnanya seperti warna ular piton. Cuma tidak bersisik, tapi sama kasarnya. Bercabang-cabang dan ber atot seperti pohon bambu, bercabang-cabang yang sangat berdekatan sehingga memudahkan manusia untuk memanjat.

                Kita lihat Daun, daunnya hijau tua, kecuali daun baru tumbuh, berwarna hijau muda dan bisa di manfaatkan untuk sayur, dan kalau di goreng enak juga. Daun pohon meninjau sangat lebat sehingga mama saya harus menyapu di bawah pohon meninjau agak sedikit lama, apa lagi kalau pohonya baru selesai saya panjat. Apa ini? Kok bawa-bawa mama, tidak ilmiah lagi tulisan saya. Baiklah mama! Keluar dulu, nantik kita sapu lagi. Tentang sapu, menyapu daun meninjau jatuh harus dengan sapu lidi, dengan sapu ijuk kapan bersihnya? Kembali kedaun. Ukuranya sebesar telapak tangan, tapi lebih panjang sedikit, oval.

                Buahnya? Buah mulieng. Ada 3 fase warna buah mulieng ini, seperti traffic light. Mungkin ide traffic light itu dari boh muling. Kenapa traffic light kita sebut lampu merah? Kenapa tidak lampu boh mulieng saja? Kan lebih terkesan keAcehan. Waktu berumur sehari, buahnya akan berwarna hijau seperti daun. Dari sangat kecil yang biasa sudah di petik dan di masak di Kuah Pliek. Kemudian fase kedua dia akan berwarna kuning, berarti kita harus berhati-hati, di saat boh mulieng berwarna kuning, sebenarnya sudah siap di petik, tapi tunggulah sampai merah. kalau boh mulieng ada yang berwarna orange, berarti itu transisi dan kuning ke merah. Tapi apapun warna kulit luarnya, di dalamnya tetap saja hitam. Kecuali waktu masih hijau, warna kulit dalamnya masih putih. Tapi anda jangan kecewa dulu warna kulit dalamnya hitam. Lihat lagi lebih dalam. Pecahkan kulit hitamnya itu, maka anda akan mendapat warna putih lagi dan itulah yang kita olah sebentar lagi menjadi kerupuk mulieng.

                Kita lanjut ke Bab dua. Bab ini mencakup Proses pemanjatan dan pembuatan boh Mulieng menjadi kerupuk
Semakin tinggi peradaban Sigli, tapi cara memetik Boh Mulieng masih begitu-begitu saja, pet dan chet. Mungkin anak Sigli yang kuliah tinggi-tinggi tak ada yang mahu mengembangkan potensi daerah sendiri. Pet adalah memanjat dan memetik tangkai buah satu persatu. Awak ek chong bak mulieng (para pemanjat) berasal dari keluarga ahli waris bak mulieng atau sewa orang. Biasa kalau kita sewa orang, orang sewaan itu akan mintak bagi 3. 2 bagian untuk ureung po (pemilik) dan 1 bagian untuk dia. Yang kedua adalah chet (apa ini bahasa indonesnya? Lupa saya, ini bisa di artikan memakai galah utuk memetik) galah bahasa Acehnya Runoeng, semakin tinggi galah semakin jauh menjangkau. (Kalau anda bermasalah dengan tinggi badan, anda bisa menelan 2 biji runong dijamin akan tinggi hari itu juga-red). Bahkan ada pemanjat yang juga membawa serta galah saat dia memanjat. Itu cara yang benar. Ada juga cara yang salah memetik pohon meninjau, cara yang salah yang jarang di praktekkan adalah menumbangkan pohonnya. Tidak perlu di ceritakan!
                Lalu setelah pet atau chet kita masuk dalam acara pileh (kutip, punggut, pilis) di bagian ini sudah ada sedikit perkembangan, masyarakat di daerah butoeng (7 km dari Beureunun) sudah mulai menggunakan tikar, tikar besar yang di pakai untuk menjemur padi di bentang di sekitar pohon, jadi lebih mudah saat memungut, dari pada cara manual yang harus memungut satu persatu. Tapi kalau buah mulieng jatuh alami tetap harus di punggut manual.

                Pluek adalah proses selanjutnya, yaitu mengupas kulitnya, baik kulit kuning dan kulit hijau. Salah satu kekurangan dari mengupas ini adalah tangan kita bisa aus dan mengelurakan darah, perih! sakit sekali, getah meninjau bisa menipiskan kulit dan kita bisa saja berdarah. Tapi dalam perkembangannya sekarang orang-orang yang mengupas meninjau mulai memakai sarung tangan. Kalau dulu pakek plastik yang di ikat karet. Cara yang lain adalah mencuci dan menginjak-injak, tapi ini hanya berlaku pada buah yang merah dan jatuh secara alami. Yang menarik dari proses mengupas ini adalah Ulat muling. Ulat kecil kecil sebesar padi kurang gizi di buah merah yang busuk kulitnya yang bergerak dengan cara melipat tubuhnya secara vertical lalu mementalkan diri satu senti demi satu senti, sungguh pemandangan yang menakjubkan.
              
 Bab III marketing boh mulieng
Setelah di kupas, ada 2 macam yang orang Pidie lakukan, publoe dan peh keudroe. Publoe adalah menjual hasil pluek itu, satu bambu berkisar antara 20 ribu sampai 10 ribu, tergantung index saham dunia, kalau saham Nikkei menanjak dan saham gabungan turun, maka harga satu bamboo aneuk muling bisa 20 ribu. Tapi kalau saham IHSG dan harga minyak dunia naik, maka harga buah meninjau akan turun ke angka 10 ribu. Aneuk mulieng di kira per are (sekitar 2 liter).

                Yang membeli bernama meuge mulieng, apa bahasa indonya? Penjaja melinjo ya? Mereka adalah lelaki sejati tak ada wanita menjadi mugee. Kenapa para muggee adalah lelaki sejati? Bukan karena mereka minum Extra joss?! Tapi karena mereka tulus iklas membawa  jiwa dan raganya kemana saja mereka pergi. Sangking sejatinya mereka membawa 2 raga sekaligus. Raga adalah sejenis keranjang yang di ikat sedemikian rupa di belakang motor sehingga tidak bisa membawa penumpang.

                Peh keudroe. Ini adalah dimana boh muling untuk di makan sendiri, tidak di perjual belikan. Peh adalah pembuatan boh mulieng menjadi kerupuk. Kata Peh berasal dari pedagang Arab, anaknya syarifah, Syarifah pertama di panggil Ipah lama-lama menjadi Ipeh lalu supaya lebih singkat jadi Peh, peh juga bersaudara dengan Khok, pengusaha dari China daerah Tiongkok. Sulit juga menjelaskannya bagaimana. Pokoknya Untuk bisa di Peh, aneuk Mulieng yang sudah di kupas tadi harus di masak dulu bersama batu kerikil sampai betul betul masak, di gongseng! Di dalam pengorengan, tanpa air dan minyak, hanya batu kerikil dan aneuk mulieng. Setelah itu di Rhueng (bagian Punggung) dan di pecahkan kulitnya dengan batu, tinggal putihnya lalu di pukul di palu sampai tipis. Lalu di jemur dan di goreng. Jadilah kerupuk! Sekian dan terimakasih.

Minggu depan saya akan menulis tentang boh kuldi

Daftar Pustaka
1.       Pustaka Unsyiah
2.       Pustaka IAIN
3.       Pustaka Wilayah
4.       Pustaka Masjid Raya
5.       Pustaka Tgk Chik Tanoh Abei

Kenapa Apam Pidie Sukses

Tags

Ini tulisan rahasia, jangan bilang siapa-siapa ya! Membaca tulisan ini belum pasti Anda sukses. Saya saja orang Pidie belum sukses. Rata-rata orang pidie sukses. Paling rendah kami sukses menjadi pengemis. Tanyalah pengemis di mana-mana. Mereka rata-rata pasti bilang “dari Pidie”. Itu mungkin ‘kasta’ paling rendah bagi orang Pidie nanti bila ada tersinggung dengan tulisan ini. Boleh memprotes dengan tulisan lain. Saya tidak bermaksud menjatuhkan siapa-siapa, apa lagi menjatuhkan bangsa sendiri. Saya hanya ingin memuji kampung kelahiran saya.
Peraturan pertama kesuksesan orang sigli adalah jangan tinggal di kampung. Karena kata pepatah nenek goyang kami “mita raseuki bak lee tapak ureung” maka dimana ada keramaian di situ ada orang Sigli. Blok M, Medan dan kota-kota besar Indonesia sampai dunia ada orang Pidie. Kemarin saya baru ditelpon sama teman saya yang dulu terlunta-lunta di kampung. Dia sekarang di Dubai. Pekerjaannya laundry di kapal pesiar. Subhanallah. Rencana Allah luar biasa.
Peraturan kedua orang Sigli itu sabar. Tidak semua. Saya bukan tipe ini. Saya orangnya tak sabaran. Seorang pengusaha di Malaysia pergi ke sana bermodalkan air mata. Naik boat nelayan. Lalu kerja di tempat Cina. Tidak dibayar apa-apa. Dia hanya di beri makan 3x. tapi dia tetap bersabar sambil belajar bagaimana cara Cina itu bekerja. Lama-kelamaan karena kejujurannya dia diangkat menjadi manager dan dibayar. Setelah punya cukup modal, dia berjualan sendiri dan kini sukses jadi konglomerat di negara tetangga. Untung kemarin nenek moyang kami tidak bilang “kejarlah cita-citamu sampai ke negeri tetangga” kalau itu dibilang, orang Pidie rata-rata di Malaysia.
Malaysia adalah negara yang banyak orang Pidienya. Nekat betul bangsa kami naik kapal nelayan melalui Laweung. Demi mencari penghidupan lebih baik di sana. Bekerja sebagai buruh bangunan. Buruh pabrik. Jualan. Jualan ganja. Sabu dan ada juga yang jual ya, jual itu. Masak tak tahu.
Orang Malaysia yang malas dan gengsi dimanfaatkan dengan baik oleh orang Sigli yang rajin. Kerja yang tidak mau dikerjakan oleh bangsa Malay, dikerjakan oleh orang Siglay. Sukseslah beberapa. Dan beberapa lain masuk penjara.
Peraturan selanjutnya, level sedikit lebih pintar dari masyarakat Pidie adalah kata-kata nenek moyang selanjutnya “Ureung Aceh Buet beu kureung, peng beulubeh” Ini mungkin seperti prinsip ekonomi “dengan modal sekecil-kecilnya, mendapatkan laba sebesar-besarnya” Kami mencari kerja yang banyak labanya. Misalnya jualan kelontong. Jualan pakaian. Buka warung kopi. Toko pecah belah. Jaga toko. Pokoknya kerja yang santai tapi duitnya banyak.
Seperti kata pak camat Silih Nara, Takengon pada saya saat saya KKN di sana, saat dia tahu saya dari Pidie “Saya heran sama kalian (orang Pidie). Kami (orang Gayo) capek-capek menanam kopi. Naik ke atas gunung, mencangkul tanah, merawat, memetik, mengangkut. Datang kalian theun umpang di miyup” Maksudnya masyarakat gayo yang menanam kopi, masak orang sigli yang membelinya dan menjual lebih mahal. Itu di beberapa tempat. Tidak semua Takengon.
Orang Pidie yang sukses tidak menjamin daerah Pidie maju. Lihatlah dimana toko yang paling besar punya orang Sigli. tentu saja bukan di kampungnya. Tapi di kota orang. Karena ya itu tadi peraturan pertama. Orang sigli tak akan sukses di kampung sendiri.