Wednesday, March 13, 2013

Perintah Menjaga Al-Qur’an dan Larangan Membiarkannya Lupa.

Tags


Muq 12 3 2013:

Dari Abi Musa Al-Asy’ari dari nabi Shallalalu Alaihi Wassallam, Nabi Bersabda : Jagalah oleh kalian Al-qur’an ini (Hafallah Al-Qur’an) demi yang jiwa muhammad yang ada ditanganNYA.  Al-qur-an itu lebih mudah lepas, daripada unta yang diikat. (HR Bukhari dan Muslim)

 

Dulu masa nabi hafal satu juz. Itu lebih satu mayam. Masa nabi yang pertama di masukkan dalam kubur adalah orang yang paling banyak hafalan juz nya.

Setelah hafal kok lupa?  Kalau ga di jaga dengan benar, dia akan lepas. Asal Al-qur’an memang mudah lupa. Makanya sering-sering di baca. Kapan Al-qur’an tidak di baca. Dia akan lupa. Kalau tak di ulang-ulang baca.

Kalau kita menjaga sesuatu kan kita harus tetap bersamannya.

Gak boleh mengeluh “Kok cepat kali lupa”

Penelitian di Arjebaijan/ Tajikistan sebuah ayat tidak akan lupa kalau diulang 350kali-500kali. Menhafalnya dengan membuat cerita. Metode enak hafalnya susah lupanya?? Asyik menghafalnya susah lupanya? Sudah ada metodenya,

Menghafal tidak harus dengan duduk. 

Ayat juga harus di ingat dari mana mulainya, ayat berapa, di mulai dengan kata apa, sehingga mudah di ingat.

 

Ayat itu harus di alami sendiri. Harus diamalkan, biar di ingat.

Hafal dari belakang, juz 30. Ingat per Ayat.

Dari Ibnu Umar RA Sesungguhnya Rasullulah SAW bersabda : Sesungguhnya perumpamaan sahib Al-qur’an (sahabat Al-qur’an) seperti unta yang terikat. Kalau dia menjaganya dia bisa memegangnya. kalau dia melepaskannya, akan pergi. HR Bukhari dan Muslim.

Tuliskan di papan tulis di waktu sendiri.


By : Ustad Amri Fatmi

 

 

 


EmoticonEmoticon