Monday, December 26, 2016

Tsunami dan Mata Rantai Sejarah Yang Terputus

Tags

Hikayat Smong saya dengar pertama kali sama Bung Alkaf, beliau mengatakan bahwa rakyat Simeulue turun menurun mengajarkan atau memberi tahu kepada anak mereka tentang. Kalau ada air surut segera cari tempat tinggi dengan syair Smong. Sehingga di Simeulu tak banyak korban Tsunami.
Di Aceh daratan. Meulaboh, Banda Aceh dan Pidie banyak sekali korban. Karena tak ada syair tak ada petunjuk dari endatu kita. Tsunami itu ada. setelah Tsunami terjadi baru kita tahu
Fungsional rumah aceh yang kata orang-orang tua dulu adalah tipikal rumah anti gempa. Anti banjir anti kebakaran dan antimo sahabat anak.

Tapi kita sebagai orang jaman sekarang yang gaul dan ikut-ikutan. meruntuhkan rumah Aceh, membuat rumah minimalis yang modern tanpa memikirkan apa dampak dari rumah itu.

Tidak semua salah kita sih. kita kan tidak tahu mana daerah yang rawan gempa. jangankan tak tahu gempa, kita bahkan tidak tahu adab di jalan raya, juga adab safety saat bekerja.

Tidak salah kita juga, mungkin aparat keamanan kurang memberi kita pelatihan bagaimana berkendara dengan aman. Perusahaan di Aceh juga tidak banyak yang menerapkan standar keamanan kerja, hanya perusahaan besar yang toke nya sudah study banding kemana-mana saja yang menerapkan itu,


EmoticonEmoticon