Sunday, March 12, 2017

Lion 2016: Ikan Salmon Selalu Pulang Ketempat Lahirnya

Tags

Dari film film yang cerita asli dibikin film, malam ini film Lion adalah film yang saya nonton, karena film itu laju menarik saya pas pemandangan alam di awal gambar yang ditayangkan. Typogragi alam India di Ganestalay  yang tandus dipadukan dengan tanah humus di Australia yang berbatu dan seaakan akan sama wilayah itu. Sama seperti salah satu tempat di Pidie, Laweung.

Jenggot Debu dan Jenggot Asli
Film yang adegannya di alam memang sangat diminati, contohnya predator, Jurasic park dan Kingkong serta satu lagi apocalypto. Karena yang nonton bioskop orang kota. Orang kota mungkin rindu kondisi hutan tapi kalau ke hutan, mereka harus meningalkan pekerjaan.

Kenapa judul film ini Lion? Apakah ada simba dan mustafa didalamnya? Ternyata tidak. Yang ada disini hanya Saroo dan Guddu. Dua anak india pengumpul batu, di jual setiap hari sabtu di pasar rabu, daerah India dekat dengan Bengali, tak tahu saya dimana.

Waktu Saroo Kecil Dan Guddu

Biar lurus saya cerita dengan tanpa sajak. Jadi begini, ada dua orang anak, punya seorang ibu. Anak itu Saroo dan Guddu, mereka satu kelas 2 Smp satu baru tamat TK. Jadi berdua mereka pada suatu malam ingin bekerja di dekat stasiun kereta api. Tapi apa boleh buat, namanya saja anak-anak. Saroo tertidur di kursi tunggu stasiun, terbangun sendiri tengah malam dan dingin saroo pindah ke dalam kereta api, dan paginya kereta apinya jalan. Lalu dia terpisah dengan Guddu, dan dengan ibu.
Ke Aus Tak Liat Saroo Punya Pacar Bulek

Di India menurut data BPJS kesehatan ada sekitar 80 anak hilang setiap harinya, tertinggal di kereta, dibuang mamaknya. Karena disuruh ayahnya yang mau enaknya saja gak mau anaknya. Sejak jaman bunda teresa di Calcuta itu padat dan tidak layak ditinggali karena over populasi.

Mak, Pat lon Nyoe?

Lalu anak-anak itu ada ke penampungan anak yang kejam, ada juga yang di adopsi orang-orang. Saroo beruntung karena diadopsi oleh orang Australian setelah perjuangan panjang lari-larian dari orang-orang jahat, singkat cerita –kalau mau panjang cerita nonton sendiri saja- dia dewasa dan ingat kembali mau pulang ke India setelah puluhan tahun. Berhasilkah dia saudara-saudara??
Film ini dibintangi pentolan Slumdog Millionare, Dev Patel yang mulai berwara-wiri di film Hollywood; Chappie, The Man who know the Infinity dan ini. Lalu ada  pentolah the wayseppur Gang yang juga main di Bajrangi Bhaijaan Nawazuddin Siddique dan diperkuat oleh aktris Austalia Nicole Kidman.




EmoticonEmoticon