Tuesday, August 1, 2017

Lingkok Kiwieng, Destinasi 7 Keajaiban Dunia Baru

Tags

Pidie merupakan daerah yang subur dan memiliki berbagai tempat wisata berupa wisata alam seperti gunung, laut, sungai dan arung jeram. Laut yang populer bernama Pantai Pelangi dan wisata laut lainnya adalah Laut Laweung, selain laut itu juga mulai 2017 ditemukan Lingkok Kiwieng. Lingkok Kiwieng kini menjadi destinasi yang sangat menarik karena terletak ditengah pergunungan dan bentuknya yang khas. Sungai yang asri ini pinggirannya adalah batu alami yang tersusun-susun seperti Gran Canyon di Amerika.

Foto Bang Khairul MTM

Andalan wisata Pidie yang menjadi calon keajaiban dunia di Asia Tenggara adalah Lingkok Kiwieng. Lokasi wisata ini sudah dikunjungi wisatawan lokal bahkan manca negara, para wisatawan rela menempuh jarak yang jauh demi menikmati sungai bersusun dinding batu yang seperti terukir dan tersusun rapi di sepanjang pinggiran sungainya.

Cak Ica Tebak, Bang Mus yang mana?

Lingkok Kiwieng Juga sudah diliput olah beberapa  TV nasional Semoga ada perhatian dari  pemerintah untuk mengembangkan lokasi wisata yang dikenal luas ini. Lokasi Lingkok Kiwing sanggat terjal dan tak bisa dilalui kalau hujan. Ada alternatif  yang diberikan masyarakat sekitar yaitu dengan menyewa mobil offroad modifikasi mereka seharga 400 ribu pulang pergi. Tapi itu kami rasa masih kurang mengingat peminat ke Lingkok Kiwieng bertambah tiap harinya.



 Selain itu di Pidie juga terdapat 7 Air terjun (teuraceu), diantaranya  Air terjun Genie, Air terjun mantap kloe, Teuraceu Laot, Air terjun Lhok Jok, Air terjun Tiro, Gua Tujoeh Laweung, Gunung Taleuk dan lain-lain.

Sayangnya Lokasi wisata ini masih alami dan tanpa sarana dan pra sarana yang baik, akses jalan yang masih ekstrim membuat jarak  dari beberapa KM  menjadi 2 jam minimal perjalanan kalau ke beberapa  lokasi wisata  diatas.


EmoticonEmoticon