Your Name 2016, Film Animasi Terbaik Jepang 2016, Ceritanya Mencengangkan!

Film animasi Jepang Yang saya nonton malam ini adalah Your Name (2016) atau judul aslinya Kimi No Nawa. Film terbaik, terartistik, terlalu dan terindah menurut mata saya, selain Spirited away (2001) dan Summer Wars (2009).
Ini tempatnya asli loh

Film ini sejenis film-film studio Ghibli tapi bukan dari Hayao Miyazaki ini punya si Makoto Shinkai, dulu dia kerja di Ghibli juga. Gambarnya detil banget. Selama satu jam lebih kita dimanjakan oleh keadaan kota Tokyo yang padat dan desa Itomori yang damai.

Mitsuha Miyamizu dan Taki entah bagaimana caranya, mereka bertukar posisi. Mitsuha Seorang gadis desa dan Taki cowok gaul kota Tokyo. Bertukar posisiya Mitsuha Jadi cowok dan Taki jadi cewek seutuhnya.
Tempatnya di-animasi-kan jadi lebih bagus loh

Seringnya mereka bertukar posisi menyebabkan sedikit kekacauan. Misalnya sifat lembut Mitsuha saat bertukar kepada Taki,  jadi bisa menarik hati perempuan yang Taki sukai di cafe ia bekerja. Sedangkan sifat keras Taki saat berada dalam Tubuh Mitsuha diaplikasikan saat teman-teman mengejeknya dan membuatnya jadi ditakuti di sekolah.

Detil gambarnya sangat mengagumkan loh. Walaupun tokohnya ya sama saja seperti manga animasi lain, tapi cerita film ini berbeda dan endingnya tidak bisa ditebak.

Awalnya saya pikir ini hanya kisah cowok dan cewek bertukar badan saja, rupanya ceritanya lebih dari itu. Ini ada seperti twist endingnya, apa mereka orang-orang Jepang itu sudah menonton film-film Mr. Night Shyamalan?
Meteor rupanya mesin waktu?

Film ini dibuat untuk merawat ingatan generasi Jepang akan musibah jatuhnya meteor ke danau Itomori di tahun 445 masehi dan membuat desa Itomori menghilang dari geliat kehidupan karena seluruh desa menjadi danau kedua dan semua orangnya meninggal dunia.

film yang berhasil memotret pemandangan Indah Danau Itomori dari sisi yang indah, kawah gunung mistis gak tahu namanya. Kalau biasanya film animasi ceritanya gak kompleks, film ini ceritanya sedikit kaya.

Kerennya lagi, film ini dibuat settingnya di masa kini, tahun 2016 beneran, saat hape layar sentuh sudah ada dan segala teknologi lainnya yang real Jepang jaman sekarang.
Film ini menjadi debat dan kontroversial panjang di kalangan penyuka film anime, berpuluh artikel muncul setelah film ini diputar di dunia 18 November 2016. Ada yang mengkritik ada juga yang menjelaskan bagi yang tidak mengerti filmnya, saya sebagai penikmat film sok-sok ngerti aja. Film ini seninya tinggi, jadi patut dinonton sampai menit akhir.

Popular posts from this blog

Ae Dil Hai Mushkil : Hati yang Tak Pernah Patah, Tak Bisa Membuat Puisi Bagus