Sunday, November 18, 2018

WOW! CAT BKN Dapat Penghargaan Bank Dunia!

Tags

Dibalik banyak keluhan dan banyak membuat peserta tes berguguran Computer Assisted Tes (CAT BKN) baru saja mendapat peghargaan produk terbaik Indonesia di kategori Civil service management, yang dinilai oleh World Bank berhasil mereformasi kualitas sistem rekrutmen calon Pegawai Negeri Sipil yang berlangsung bulan ini di Indonesia.


Orang Indonesia yang mayoritas bercita-cita menjadi PNS kini harus mempersiapkan diri lebih matang karena tes ini meliputi empat sektor yaitu aspek Political Leadership, Aspek Teknologogi, Aspek kapasitas Institusi dan aspek Transparansi.



World Bank selain memberi peghargaan pada reformasi kualitas sistem rekrutmen caln PNS juga menilai kategori lainnya dalam menilai Improving Public sector (kemajuan di bidang  masyarakat) yaitu, Driving Result from the center of Goverment (pelayanan maju di bidang pemerintahan), Civil service Management (manajemen pelayanan masyarakat), Innovation in managing Public Money (inovasi dalam manajemen uang rakyat), New Approach t last mile-Mile Service Delivery (manajemen dalam pelayanan pengantaran) dan Inovations in Delivering Justice service (inovasi dalam penegakan hukum).

Berikut kutipan dari World Bank summary report yang dikutip dari pengumuman tertulis BKN perihal CAT BKN sebagai produk Indonesia yang berhasil dalam Reforming Civil Service Recruitment.


“In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies."

(“Di Indonesia, Badan Layanan Sipil (BKN) berhasil memperkenalkan sistem pengujian yang dibantu komputer (CAT) untuk mengganggu sistem pengujian manual yang telah lama berdiri yang menciptakan peluang merajalela untuk korupsi dalam perekrutan layanan sipil oleh pejabat kementerian. Sekarang database pertanyaan dikontrol dengan ketat, dan hasilnya diposting secara real time di luar pusat pengujian. Sejak diluncurkan pada 2013, CAT telah menjadi standar defacto untuk lebih dari 62 kementerian dan lembaga.")

Dengan keberhasilan ini semoga perektrutan dengan sistem CAT BKN ini bisa menjaring CPNS yang handal untuk kemajuan Indonesia ke depan.




This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon